MEMBRANDING INDONESIA SEBAGAI NEGARA TUJUAN WISATA (NATION TOURISM DESTINATION)

Posted: July 29, 2009 in Uncategorized

Apa yang ada di pikiran banyak orang mengenai Indonesia, sebagian besar menjawab Bali. Ada apa dengan BALI? Rasanya Bali sudah lebih dikenal dari Indonesia, bahkan di sebuah acara Miss Tourism International, Bali memiliki 1 wakil kontestan yang terpisah dari Indonesia. Menarik, karena sepertinya Bali menjadi sebuah “negara wisata kecil” yang seluruh dunia mengenalnya. Tapi, apa artinya? Bali sepertinya menjadi sebuah branding wisata bagi Indonesia. Kontes tersebut sudah membuktikan bahwa Indonesia sudah memiliki potensi untuk menjadi Negara tujuan wisata. Hal itu bisa terjadi, karena Indonesia memiliki sejuta sumberdaya alam yang menarik untuk dikunjungi dari sabang sampai ke merauke. Tapi, mengapa hanya Bali?

Belajar dari hal kecil yaitu sebuah kontes kecantikan yang memilih duta pariwisata tingkat international, dimana beberapa negara seperti Amerika mewakili lebih dari 4 kontestan dari beberapa negara bagian. Rasanya tidak adil jika Indonesia hanya dikenal dengan Pulau Bali-nya saja. Sejumlah daerah di Indonesia juga memiliki alam yang luar biasa indahnya dan memiliki budaya yang tak kalah kayanya dengan Bali bahkan beberapa Kota di Indonesia memiliki sumber daya alam yang luar biasa yang bisa dijakdikan potensi wisata. Tetapi, mengapa semua itu tidak terlihat? Mengapa semua itu tidak dapat tereksplor? Apa yang salah? Mungkin salah satunya adalah bahwa Indonesia belum memiliki “branding” yang mampu mengemas seluruh potensi wisata yang ada.

Pemerintah Indonesia memang sudah meluncurkan program “Visit Indonesia” sebagai salah satu “Branding” Nation Tourism Destination pada tahun 2008 dalam rangka 100 tahun Kebangkitan Nasional. Mengevaluasi program tersebut, kenaikan pengunjung wisatawan di Indonesia dari tahun 2007 sampai dengan 2009 hanya sebesar 4% dimana lokasi yang dikunjungi wisatawan terbanyak adalah Pulau Bali.
Cukup mengesankan. Target wisatawan pada program “Visit Indonesia” yang tidak tercapai. Mungkin hal tersebt disebabkan karena strategi untuk membranding Indonesia menjadi “Nation Tourism Destination” masih lemah. Usaha-usaha promosi pun masih sedikit dilakukan. Tetapi, tidak perlu “gigit jari”. Meskipun begitu, banyak hal yang bisa kita lakukan untuk memulai mengemas potensi wisata dan membranding Indonesia sebagai “National Tourism Destination”.

Banyak hal lain yang dilakukan oleh anak bangsa, mulai dari karya film sampai dengan membranding “Kota” untuk membawa nama Indonesia dikenal. Industri film juga menjadi salah satu cara yang cukup efektif untuk mempertontonkan wilayah-wilayah di Indonesia, seperti yang terjadi pada film Laskar Pelangi, From Bandung With Love dsb. Film – film tersebut mengeksplor keindahan dan potensi yang ada pada salah satu bagian wilayah Indonesia.

Usaha-usaha tersebut perlu dihargai. Tetapi, alangkah baiknya jika Pemerintah juga terus melakukan pemetaan dan eksplorasi potensi wilayah-wilayah Indonesia untuk menciptakan sebuah “BRAND” yang tidak kalah saing dengan negara tetangga yang telah memiliki “BRAND”. Kita harapkan bukan hanya membuat sebuah “BRAND” tetapi, Pemerintah juga mampu melakukan positioning dan marketing yang strategic untuk menarik wisatawan lebih banyak ke seluruh wilayah Indonesia.
Kembali kepada kontes kecantikan, belajar dari hal tersebut, salah satu cara untuk mengenalkan Indonesia sebagai negara wisata. Mungkin jika Indonesia sudah memiliki BRAND akan lebih mempermudah para kontestan kecantikan tersebut untuk melakukan promosi dan pemasaran pada dunia Internasional. Dan bukan tidak mungkin, 2 – 3 tahun lagi, Indonesia akan mengirimkan 4 atau 5 kontestan dari berbagai wilayah yang sudah di”BRANDING” sebagai daerah wisata.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s