Anak SD VS Planner – Satu Bentuk Kecil Kemajuan Bangsa!

Posted: May 4, 2011 in Uncategorized

30 April 2011

Pagi ini,kami IAP (Ikatan Ahli Perencanaan) dalam rangka Ulang Tahun ke 40, mengadakan acara Planner Goes To School yang melibatkan anak2 siswa Sekolah Dasar. Peserta kali ini hanya dari SDI Al-Azhar sebanyak 10 org dimana memang kami panitia tdk berhasil mendapatkan peserta lain. Maklum,karena nyambi bekerja,maka dari itu kurang aktif dalam menjaring peserta. (Mungkin,next time in another event,we need to take Plano’s student to involve).
Okay,akhirnya dengan segala usaha dan daya upaya teman2 panitia, acara PGTS berjalan,dimulai dari gedung PU, meeting point sebelum acara.
Sebelum berangkat ke tujuan city tour yaitu Tm.Suropati dan Jakarta City Planning Gallery (JCPG),mereka kami ajak masuk ke dalam gd. Tata Ruang – PU, dimana disana terdapat beberapa panel yg menceritakan penanganan2 bencana, perencanaan kawasan dan nasional, serta beberapa materi mengenai infrastruktur. Kebetulan,sy mendapat tugas sebagai story teller utk anak2 SD tersebut. Di sela2 sy menjelaskan,mereka tampak antusias mendengarkan dan memperhatikan. Ketika sy bertanya, apakah ada yg ingin ditanyakan. Salah satu anak bertanya. Dan,pertanyaan-nya mampu membuat sy sedikit tercengang. Wow..mereka bukan hanya sekedar bertanya,tp mereka jg membuat sebuah wacana. Dalam hati, ‘apa sudah semaju ini yah,anak2 Indonesia?!’ Hahahaa..
Sy berusaha menjawab dan menerangkan pertanyaan anak tersebut. Tidak lama,kami ternyata kedatangan Bp. Menteri Pekerjaan Umum. Setelah itu,anak2 diajak berbincang sesaat oleh pak menteri. Kemudian,sy minta pak menteri utk menjelaskan beberapa hal kepada anak2 tsb. Seorang anak (msh anak yg td) kembali bertanya dan berwacana. Malah kali ini,anak tersebut menitipkan pesannya kepada Pak Menteri. Waaah..it’s like,they already know about what happen in this country.
Perjalanan setengah hari tersebut,sy habiskan dengan menjadi teman mereka sambil berbincang. Sebenarnya kami punya tujuan utk memberikan sedikit story tentang Jakarta. Tapi,sulit sekali,karena mereka sangat aktif dan tampaknya mereka sudah cukup banyak mengerti dengan kondisi yg ada di Jakarta. Bahkan,mereka sering membandingkan kondisi di Jakarta dengan kondisi di negara2 lain. (Lagi) sy tercengang!
Sebetulnya tdk perlu tercengang,krn mereka sekolah di sekolah mahal. Karena mereka memiliki orang tua yang punya banyak uang. Mereka mendapatkan pendidikan yang jauh berkecukupan dan mereka punya kesempatan lebih dari anak2 lain-nya.
Saya berpikir,apakah anak2 lainnya juga kritis seperti mereka? Apakah anak2 lainnya bisa berbicara banyak hal tentang sesuatu yg mereka lihat?!
Yah..harusnya sy tau jawabannya. Tapi,ketika kita melihat lebih jelas,lebih dekat dan secara langsung. Maka kita akan berpikir jauh, berpikir mundur (kayanya dulu gw gk gtu2 banget deh..hehehe), dan berpikir ke depan (anak gw nanti bisa kya gini gk yah?!)..šŸ™‚
Well,hari itu,setengah hari yang cukup melelahkan,menjelaskan sesuatu,berargumen sesuatu,menyatakan sesuatu bukan pada rekan sebaya,tapi pada anak bocah Sekolah Dasar yang ternyata lebih pintar,lebih memiliki banyak pengetahuan,memiliki banyak pengalaman daripada saya.. Hahahaa
Ya,mereka salah satu bentuk kecil dari kemajuan bangsa. Salah satu penerus bangsa yang mencerminkan bahwa Bangsa Indonesia bisa sejajar dengan negara2 maju di dunia. Tapi,kemungkinan juga tidak,jika mereka tdk berbagi dengan anak2 lainnya yg jauh tidak beruntung dr mereka. Jika mereka tidak memiliki keinginan utk bisa Hebat di Negara mereka sendiri.. Semoga saja,mereka tidak seperti itu yah..šŸ™‚
Pengalaman hari ini sangat menyenangkan. Melihat anak2 sekolah dasar yang begitu cerdas dan beruntung krn bs mendapatkan banyak pengalaman. Semoga kelak,saya bisa menjadikan anak2 saya,anak yg cerdas dan bermanfaat.
Oya,cerita td rasanya semakin lucu kalau di ingat2. Karena Kita sebagai Planner ternyata sangat perlu punya wawasan yang luas mengenai kondisi suatu wilayah. Hahaa.. Klo dipikir2,rasanya Anak2 SD tersebut lebih pintar dari kami yang merupakan para planner (perencana)..

Posted with WordPress for BlackBerry.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s