DEVELOPER : PART 2 (PASAR – Anugerah Tuhan terbesar bagi Developer)

Posted: September 15, 2011 in Uncategorized

Market will lead the development. –m3y-

Kembali lagi di tulisan saya mengenai Developer. Kali ini tidak membahas mengenai pengalaman saya bekerja dengan Developer. Kali ini saya ingin sharing mengenai opini, penjelasan, kekaguman, keheranan, serta ketidakmengertian saya terhadap pelaku pengembang property.

Well, seperti banyak orang tahu, seberapa berkembangnya Developer di Indonesia, bukan hanya pengembangan berskala besar, pengembangan berskala menengah dengan modal tipis yang saat ini juga mulai berkembang (dan mungkin suatu hari akan menjadi pengembang berskala besar) dan tentunya pengembang-pengembang skala kecil yang merupakan individu-individu yang melakukan pengembangan diatas lahan yang terbatas, dengan modal terbatas (tetapi bukan berarti keuntungan terbatas).

Hebatnya, developer-developer tersebut menjadi salah satu “actor” yang cukup bahkan sangat berpengaruh bagi perkembangan dan perubahan hidup banyak orang. Kenapa? Pengaruh kecil aja deh, mereka telah merubah hidup orang-orang yang tidak punya rumah jadi punya rumah, bisa berkehidupan (layak atau tidaknya, tergantung jenis dan bentuk rumah serta lingkungannya yah).  Pengaruh sedang, mereka telah menciptakan efek domino bagi pengembangan suatu kawasan di lahan yang mereka bangun. Entah besar atau kecil. Sementara pengaruh besar, mereka menciptakan efek perubahan struktur tata ruang kota bahkan struktur kekuatan ekonomi kota. (nah, yang ini benar-benar bisa dilakukan oleh pengembang berskala besar).

Pengaruh itu tentunya tidak bisa lepas dari keberhasilan developer mengembangkan lahannya. Sebut saja, Sinar Mas Land dengan BSD City-nya, Lippo Group dengan Lippo Karawaci dan Lippo Cikarangnya, Ciputra Land dengan pengembangan Ciputra Raya-nya di berbagai Daerah  atau Bakrieland dengan Sentul, BNR dan Jonggol-nya. Mereka lah yang menciptakan kehidupan-kehidupan baru, mereka yang membuat skenario kehidupan sebuah perkotaan, mereka menjadikan kehidupan perkotaan menjadi penuh dengan tuntutan. Mengapa? Silahkan anda renungkan..

Mengapa begitu pesatnya perkembangan Developer di beberapa wilayah Indonesia (karena sudah bukan hanya di Jakarta dan kota-kota besar lainnya developer hadir, tetapi juga di beberapa kota-kota kecil dengan jenis pengembangan lainnya, tetapi percayalah..mereka tetap merupakan Aktor yang bisa merubah banyak hal, baik makro ataupun mikro)? Untuk saya, jawabannya hanya satu : PASAR.

Ya, PASAR. Mereka (Developer) sangat amat bergantung dengan PASAR. Pengertian PASAR disini bukan pasar seperti pasar tradisional yah, tetapi pasar pertemuan antara permintaan dan penyediaan.  (sy beri sedikit referensi mengenai pengertian pasar)

In marketing, the term market refers to the group of consumers or organizations that is interested in the product, has the resources to purchase the product, and is permitted by law and other regulations to acquire the product. The market definition begins with the total population and progressively narrows as shown in the following diagram. -NetMBA.Com-

Indonesia sebagai salah satu Negara yang memiliki jumlah penduduk paling banyak dunia menjadi salah satu anugerah Tuhan yang luar biasa bagi para Developer tersebut. Dengan jumlah penduduk yang banyak itulah, pasar mulai tercipta dan berkembang, baik kuantitas maupun kualitasnya. Developer dengan jeli melihat kondisi tersebut sebagai pasar mereka. Berapa juta jiwa manusia di Indonesia yang tidak memiliki tempat tinggal, berapa juta jiwa manusia yang tidak memiliki pekerjaan, berapa juta jiwa manusia yang memiliki pekerjaan tidak punya aktivitas lain seperti hiburan dan rekreasi, berapa juta jiwa manusia yang memiliki uang banyak tapi tidak memiliki tempat untuk membuangnya. Betapa hebat para Developer itu melihat peluang pasar yang terbentuk dengan sendirinya. Bahkan, Developer saat ini juga mampu menciptakan dan mengembangkan pasar yang kecil menjadi pasar yang besar. Dan akhirnya, perubahan itu pun terjadi.

Selama pasar terus ada dan berkembang, mereka (Developer) tetap akan berlari kencang, membangun, menyuplai dan berkreasi menciptakan pasar baru untuk kembali mengembangkan. Selama pasar terus ada, Lahan bukan lagi masalah bagi mereka. Limitasi bisa diatasi dengan mendaur ulang lahan lain. Tapi, sampai kapan Pasar bisa terus bertahan dengan ciptaan-ciptaan mereka? Limitasi itu pasti akan muncul, suatu saat. Entah kapan??

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s