Shopping Mall x Online Shopping

Hayoo…siapa yg belum pernah belanja online? sekedar belanja barang2 kecil seperti pakaian, aksesoris atau bahkan barang2 elektronik seperti handphone atau tv.

Pesatnya perkembangan digital dan maraknya market place yang berkembang di dunia juga berkembang di negara ini. Negara maju yang diisi oleh ratusan juta jiwa manusia yang hampir 50% merupakan usia produktif dan berada di kelas menengah. Maraknya market place ini menciptakan perubahan yang cukup signifikan dalam kebiasaan masyarakat dalam berbelanja. Sekarang jamannya belanja, buka hp, cari barang kita butuhkan, klik pesan, bayar melalui transfer/credit card, selesai. Atau mau windows shopping juga bisa, tinggal cari jenis barang yang mau kita lihat misal sepatu, pakaian (baju, celana, pakaian dalam), tas, alat masak, elektronik, keperluan anak, semua deh lengkap, kalau ada yg kita suka tinggal diklik aja trus masukin wishlist deh.

Lalu, apa kabarnya shopping mall kalau kita bisa belanja dengan hanya membuka smartphone atau komputer? heemm.. memang banyak issue bahwa online shopping sudah banyak mempengaruhi performa shopping mall sehingga beberapa retail terpaksa harus pull out dari beberapa shopping mall. Tapi apa iya performa shopping mall menurun akibat online shopping? ada hubungannya gk sih antara perkembangan online shopping dengan penurunan performa shopping mall? heemm..menurut sy sih mungkin ada tapi tidak signifikan.

Ya sih memang, saat ini orang lebih banyak yang suka berbelanja di online, begitupun saya, tp mungkin ada beberapa hal yang tidak bisa kita dapati dengan berbelanja di shopping mall dimana experience menjadi salah satu “keyword” yang mungkin masih bisa bertahan di Pusat belanja konvensional macam mall.

Belum lagi perkembangan store alias toko atau outlet yang sebisa mungkin efisien, bukan hanya sumberdaya atau karyawannya saja yg diperkecil, tapi juga ukurannya menjadi lebih minimalis, dimana semua barang tidak perlu didisplay, mungkin barang-barang yang tersisa atau ready stock yang siap dijual dengan potongan harga.  Juga yang menjadi baru adalah munculnya fast fashion yang menjual barang-barang fashion lengkap dalam satu store dengan harga terjangkau dan kualitas ya dapat dikatakan diatas rata-rata, sehingga sangat tepat sekali untuk para kelas menengah yang memang punya standar yang yaa..menengah juga sih, but in the other way.. (for the sake of global fashion and branded yang bikin braindead..ahhaha)

well, anyway..balik lagi.. jadi how’s the shopping mall survive in this 4.0 era? again, menurut saya pribadi.. selama interaksi masih dibutuhkan, selama experience masih menjadi salah satu pemenuhan kepuasan dan selama pusat belanja jeli melihat celah pasar, they will survive! Gak jaman lagi pusat belanja punya store/outlet yang besar, mungkin perlu konsep “communal market” (pasar bersama –dalam artian pasar-tempat berjual beli-) ang lebih “open” dan punya inovasi display yang lebih menarik.

Satu hal lagi, online shopping juga bisa dibawa ke dalam pusat belanja convensional. contohnya salah satu market place (boleh disebut gk siih brandnya?? haha) punya in-store version, yang masyarakat bisa beli barang tersebut, dengan menggunakan aplikasi tetapi barangnya sudah ready di store di pusat belanja tersebut. Menarik buat saya, artinya pusat belanja tetap penting untuk menjadi ruang jual beli,yang lebih cepat dan lagi saya katakan memberikan “experience”.

So, meskipun online shopping terus menggerus kebiasaan masyarakat dan mempengaruhi pola belanja masyarakat khususnya belanja langsung di pusat belanja, tapi tidak berarti pusat belanja semakin ditinggalkan. Hayooo..kalian masih suka belanja ke Mall kan? Saya..iya banget! Mall is another place to see another human.. hehe

 

Mey (akhirnya menyelesaikan tulisan di tahun 2018)

Published by m3yriana

mey is a girl that growth in suburb and spent her time almost 18 years in town.. she's under profile..down to earth and have passion in urban planning and real estate.. well, she is also mom and wife.. a city lover and always want to share her idea and thought to the world!

Leave a comment